Minggu, 05 Januari 2020

Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi yang Dibaca

Cerita fant*si merupakan sebuah karya yang dibangun dalam alur penceritaan yang normal namun bersifat imajinatif dan hayal. Biasanya dalam setting, penokohan, maupun konflik tidak realistis bahkan terkesan dilebih-lebihkan dan tidak mungkin terjadi di dunia nyata. Bila dilihat dari caranya mengungkapkan, cerita jenis ini termasuk ke dalam narasi.

Narasi merupakan cerita fiksi yang berisi perkembangan kejadian/ peristiwa. Rangkaian peristiwa dalam cerita disebut alur. Rangkaian peristiwa dalam cerita digerakkan dengan hukum sebab-akibat. Berikut ini kegiatan yang dapat dilakukan untuk menceritakan kembali cerita jenis ini yang didengar atau dibaca.

1. Menentukan Tokoh, Latar, dan Urutan Peristiwa
Uraikan isi cerita berikut dengan bahasa sendiri denga menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
StrukturKalimat
Orientasi“Kau harus membawanya kembali!” Erza berteriak kalang kabut. Aku gugup. Bingung. Tak tau apa yang harus kuperbuat, sedangkan manusia dengan wajah setengah kera itu memandang sekeliling. Manusia purba itu menemukanku ketika aku memasuki dimensi alpha. Tanpa kusadari ia mengikutiku. Manusia purba itu akan mati jika tidak kembali dalam waktu 12 jam.
Komplikasi“Aku harus membawa dia kembali!” teriakku.

Erza menghempaskan tubuhnya pada meja kontrol laboratorium dengan kesal. Ardi berteriak lantang ”Jangan main-main Don!” Ardi menatapku dengan tajam.“Padahal..,” Erza tercekat, “Aku tahu Er kita tinggal punya waktu 8 jam”. Aku terus berusaha meyakinkan sabahat-sahabatku.

“ Jika kamu mengembalikan manusia purba melebihi 8 jam, berarti tamat riwayatmu.” Kembali Erza dan Ardi menatapku tajam.

Aku mengotak-atik komputer Luminaku dengan cepat. Aku memutuskan untuk tetap mengembalikan manusia purba itu.

“Sistem oke!”
si merupakan sebuah karya yang dibangun dalam alur penceritaan yang normal namun bersifat  Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi yang Dibaca
Manusia purba itu harus hidup. Setiap mahkluk berhak untuk hidup. Aku yang membawanya, aku juga yang harus mengembalikannya. Orang tuaku tak pernah mengajarkanku untuk melarikan diri sesulit apapun masalah yang kuhadapi.

Ku klik tombol ‘run’ pada layar monitor Lumina di depanku dan diikuti gelombang biru mirip Aurora memenuhi ruangan. Pagar Asteroid terbuka lebar, memberikan ruang cukup untuk kulewati bersama manusia purba itu. Ruangan penuh asap dengan pohon-pohon yang meranggas. Hampir 8 jam, manusia purba tetap memegang tanganku. Kurang 10 menit aku lepaskan tangan manusia purba. Kujabat erat dan aku lari menuju lorong dimensi alpha. Kurang 10 menit lagi waktu yang tersisa dan aku masih di lorong dimensi alpha. Aku berpikir ini takdir akhir hidupku. Tiba-tiba kudengar teriakan keras dan goncangan hebat. Aku terlemapar kembali ke laboratoriumku.

Alarm berbunyi. Gelombang dimensi alpha semakin mengecil.
ResolusiBadanku lemas seakan rontok semua sendiku. Aku menengadah dan kulihat sahabat-sahabatku mengelilingiku. Semua alat di laboratorium ini pecah berantakan. Tinggal laptop Luminaku yang masih menyala.

“Ardi maafkan aku! Maaf telah merusak labolatorium untuk penelitian ini,” kataku mengiba.

“Gak apa-apa asalkan dirimu bisa selamat,” Ardi memelukku dengan erat. Kulihat Erza membawa air minum untukku. Tidak menyangka aku bisa berhasil dikembalikan dan hidup lagi secara biasa. Manusia purba itu juga berhasil kembali ke habitatnya pada 500 tahun sebelum masehi. Aku dapat melihatnya dengan jelas di layar laptop. Manusia purba itu tersenyum sambil melambaikan tangan ke arahku.

a. Urutkan kejadian yang dialami Doni pada cerita tersebut!
TokohUrutan Peristiwa
Doni
  1. Doni terdampar dalam ruang dimensi alpha dan bertemu dengan manusia purba yang berwujud manusia dengan wajah setengah kera
  2. Doni memutuskan untuk mengembalikannya ke habitatnya yang asli, jika tidak manusia purba itu akan mati dalam 12 jam. Padahal jika ia tidak berhasil mengembalikannya dalam 8 jam, Doni sendirilah yang akan mati.
  3. Doni mengutak atik komputer Luminanya dengan cepat. Ia bertaruh dengan waktu. Ia harus menyelesaikan masalah yang telah dibuatnya sendiri sebagai bentuk tanggung jawab.
  4. Hampir 8 jam berlalu dan manusia purba itu tetap berada di tempatnya. Nyawa Doni menjadi taruhan.
  5. Terjadi goncangan hebat dan suara teriakan yang keras sekali. Doni tiba-tiba terlempar kembali ke laboratoriumnya.
  6. Doni dikelilingi oleh sahabatnya yang bahagia bahwa ia telah kembali. Ia berhasil menyelesaikan masalahnya. Ia melihat di dalam komputernya bahwa manusia purba itu tersenyum sambil melambaikan tangan ke arah Doni karena telah menyelamatkannya.

b. Bagaimana proses terlemparnya Doni ke lorong dimensi Alpha?
Doni ke lorong dimensi Alpha dengan cara mengotak atik komputer lumianya di lab. Doni mengklik tombol run, dan muncullah gelombang biru yang menyerupai aurora. Gelombang biru tersebut memenuhi ruangan lab tersebut. Setelah itu, terbukalah pagar asteroid yang cukup lebar dan Doni melewati itu hingga terlemparlah dia di dimensi alpha.

c. Siapa tokoh dan bagaimana watak tokoh yang ada pada cerita?Isilah tabel berikut
Nama TokohWatak TokohBukti pada teks
DoniPantang menyerah, dan suka membantu.
  1. Aku terus berusaha meyakinkan sabahat-sahabatku.
  2. Aku mengotak-atik komputer Luminaku dengan cepat. Aku memutuskan untuk tetap mengembalikan manusia purba itu.
  3. Orang tuaku tak pernah mengajarkanku untuk melarikan diri sesulit apapun masalah yang kuhadapi.
ErzaPemarah.
  1. “Kau harus membawanya kembali!” Erza berteriak kalang kabut.
  2. Erza menghempaskan tubuhnya pada meja kontrol laboratorium dengan kesal.
ArdiPemaaf“Gak apa-apa asalkan dirimu bisa selamat,” Ardi memelukku dengan erat.

d. Kelompokkan kejadian mana yang mungkin terjadi di dunia nyata dan mana yang tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata!
Mungkin terjadi dalam dunia nyataTidak mungkin terjadi dalam dunia nyata
  1. Adanya gelombang biru yang mirip aurora.
  2. Adanya gelombang dimensi alpha
  3. Doni ahli dalam komputer dan didalam lab terdapat alat-alat canggih
  1. Adanya perpindahan manusia purba melalui lintas waktu
  2. Adanya tampilan di layar laptop yang menghubungkan dimensi waktu
  3. Terbuka pagar asteroid hanya dengan meng-klik run pada sebuah komputer.

2. Menentukan Unsur Instrinsik Cerita
Uraikan isi cerita berikut dengan bahasa sendiri dengan menjawab pertanyaanpertanyaan di bawah ini!

a. Urutkan kejadian yang dialami Anika pada cerita tersebut?
  • Anika menemukan berlian tiga warna di kamar ibunya. 
  • Anika dan dua temannya, Tamika dan Chika, mengalami petualangan imajinatif. Mereka terdampar pada gerbang sebuah kerajaan dan bertemu seorang ratu yang seluruh tubuhnya dihiasi berlian.
  • Mereka mendapat misi untuk menyelamatkan Putri Candy yang tertidur bertahun-tahun karena memakai tiga kalung berlian sekaligus.
  • Mereka berhasil menyelamatkan putri Candy dengan mengambil berlian sesuai warna mereka masing-masing. 
  • Mereka mendapat hadiah sebuah tas besar dari Ratu. Tapi mereka tidak kuat mengangkat tas itu. Sementara mereka harus pergi dalam waktu 15 menit. 
  • Mereka memutuskan untuk pulang dan tidak mengambil tas besar itu.
  • Mereka kembali ke dunia nyata. Meski tidak mendapatkan tas besar itu, mereka tetap bersyukur karena masih dapat selamat dan saling bersahabat.
b. Bagaimana proses petualangan Anika dan teman-temannya?
Mereka terlempar ke sebuah negeri antah berantah. Mereka bertemu dengan seorang Ratu yang sedang mengalami masalah, yaitu putrinya terkena kutukan tidur selama bertahun-tahun. Mereka pun mencoba membantu sang Ratu dan sang Putri. Ratu memberi hadiah berupa berlian, namun karena waktu habis mereka tidak bisa membawa berlian tersebut.
c. Bagaimana watak tokoh yang ada pada cerita? Isilah tabel berikut!
Nama TokohWatak TokohBukti pada teks
AnikaSuka membantu tanpa pamrih dan Pemberani
  1. “Saya ingin mencoba petualangan indah itu Bu. Saya punya sahabat yang menyukai warna itu,” Anika meyakinkan ibunya.
  2. “Cika, Tamika ayo kita tolong Puteri, mereka sedang menghadapi masalah,”
Ibu AnikaBijaksanaKata ibunya jika ada 3 sahabat yang menyukai warna seperti paa kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian itu.'
Tamika dan CikaPemarah dan Suka menuntut
  1. Cika dan Tamika memprotes bersamaan karena mereka berdua membayangkan akan bersenang-senang dalam petualangannya.
  2. “Tapi tas berisi berlian ini tidak bisa kita bawa,” kata Tamika dan Chika hampir bersamaan.
  3. Dengan cepat Tamika dan Chika menyahut tas yang
  4. diberikan Ratu. Tapi mereka berdua tidak kuat mengangkat tas besar itu.
  5. “Gagal total petualangan kita karena kita meninggalkan satu tas besar isi berlian itu,” Tamika berteriak ke arah Anika.

c. Pesan apa yang akan disampaikan pengarang melalui ceritanya?
Kita harus menolong dengan sepenuh hati tanpa berharap imbalan apa pun.
d. Kelompokkan kejadian mana yang mungkin terjadi di dunia nyata dan mana yang tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata!
Mungkin terjadi dalam dunia nyataTidak mungkin terjadi dalam dunia nyata
  1. Menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning.
  2. Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika, menyukai warna biru. Dan Chika menyukai warna kuning.
  1. Terlempar ke sebuah negeri antah berantah, bertemu dengan Ratu dan Putri, 
  2. Menyelamatkan sang Putri, membawa tas besar dari negeri antah berantah.
  3. Puteri Candy tertidur sejak 2 tahun yang lalu.
e. Analisis Cerita
  1. Struktur cerita : Orientasi, komplikasi, resolusi. 
  2. Unsur instrinsik : a. latar tempat : rumah Anika dan sebuah kerajaan. b. latar waktu : Minggu pukul 6. 
  3. Tema ; persahabatan dan petualangan. 
  4. Alur cerita : alur maju 
  5. Tokoh dan penokohan tokoh utama :Anika, Tamika, Cika,  tokoh pembantu : Ibu Anika, Ratu. tokoh protagonis : Anika, ibu Anika. tokoh antagonis : Tamika, Cika. 
  6. Watak. - Anika : pemberani, suka menolong. - ibu Anika ; bijaksana. - tamika dan cika ; pemarah, suka menuntut. 
  7. Amanat: Kita harus menolong dengan sepenuh hati tanpa berharap imbalan apa pun. 
  8. Sudut pandang: sudut pandang orang ketiga 
  9. Nilai-nilai: 1) nilai moral : membantu sesama 2) nilai etika : ketika sang ratu menyambut Anika, Tamika dan Cika 3) nilai kemanusiaan : membantu tanpa berharap imbalan

3. Menceritakan Kembali secara Berantai Isi Teks!
Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning di kamar ibunya. Kata ibunya jika ada tiga sahabat yang menyukai warna seperti pada kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian itu. Tapi waktu yang diberikan untuk berpetualang hanya satu jam.

Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika,menyukai warna biru. Dan Chika menyukai warna kuning. Mereka berkumpul di rumah Anika pada hari Minggu pukul 6 mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Mereka membuka kotak yang sesuai dengan warna kesukaan mereka.

Lima detik kemudian mereka terlempar di gerbang sebuah kerajaan. Mereka terkejut karena di hadapannya berdiri seorang ratu yang seluruh tubuhnya dihiasi berlian. Sang Ratu meminta mereka menyelamatkan puterinya, Candy, yang tertidur sejak dua tahun yang lalu dikarenakan ia memakai tiga kalung berlian sekaligus. Cika dan Tamika memprotes bersamaan karena mereka berdua membayangkan akan bersenang-senang dalam petualangannya. Tetapi Anika bersikeras menolong puteri, dan mereka pun menolong puteri.

Sang Ratu sangat senang dan memberikan mereka tas yang berisi berlian. Tamika dan Chika ingin membawa tas tersebut, tetapi karena waktu tinggal 15 menit, Anika meminta mereka meningggalkan tas itu dan kembali lag ke kamar Anika dengan selamat dan persahabatan mereka semakin erat.