Rabu, 29 April 2020

Solusi Tidak Bisa Login Emis Online

Gadis Rantau
Salah satu permasalahan yang kerap dikeluhkan oleh operator emis madrasah adalah tidak bisa login ke layanan emis online. Saat masuk disambut dengan keterangan 'data login tidak valid'. Berbagai keluhan terkait gagal login ke situs emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah, dapati dari berbagai komentar operator di beberapa grup facebook maupun fans page .

Sebagaimana diketahui, pada bulan Oktober kemarin telah dilakukan penonaktifan seluruh akun operator emis. Para operator emis di tingkat madrasah ini diharuskan untuk melakukan pendaftaran ulang. Pendaftaran ulang ini kemudian diverifikasi oleh admin Emis tingkat Kabupaten/Kota. Bagi yang telah memenuhi persyaratan kemudian diberikan hak akses ke layanan emis online.

Namun, ternyata tidak sedikit yang mengaku tidak bisa login ke layanan emis online.

memberikan beberapa tips dan tindakan yang dapat dicoba bagi operator-operator yang masih gagal login. Silakan untuk dicoba.

Salah satu permasalahan yang kerap dikeluhkan oleh operator  Solusi Tidak Bisa Login Emis Online

Baca : Beberapa Bug yang Ditemukan pada Emis Online 2017

1. Pastikan Alamat Web Benar


Pastikan alamat situs Emis online yang dibuka telah benar. Alamat situs emis online untuk madrasah adalah https://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah. Sedangkan emis SDM yang beralamat di emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm hanya untuk mendaftar ulang akun operator dan tempat mengunduh file atau pengumuman terkait emis, jika tersedia.

2. Pastikan Akun Operator Telah Disetujui Admin


Pastikan akun (username yang berupa email) yang telah didaftarkan telah benar dan telah aktif dan disetujui oleh Admin Emis di tingkat Kabupaten/Kota.

Untuk memastikan akun tersebut telah aktif dan disetujui atau belum, caranya adalah:

  1. Buka alamat: https://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/status.php
  2. Masukkan email yang telah di daftarkan pada kolom yang tersedia
  3. Klik menu "Cari"
  4. Segera, di bagian bawah akan dimunculkan status akun tersebut, lengkap dengan nama operator, nama lembaga, dan email. Statusnya meliputi: Aktif; Tidak/Belum Aktif/Ditolak (berarti belum disetujui atau ditolak oleh Admin Kab/Kota); atau tidak menampilkan hasil sama-sekali (berarti email tersebut tidak terdaftar atau proses pendaftaran yang dilakukan gagal).
  5. Jika statusnya "Tidak/Belum Aktif/Ditolak" silakan hubungi Admin Emis Kab/Kota untuk menanyakan alasan penolakan dan segera lakukan perbaikan (daftar ulang).

3. Pastikan NSM di Emis SDM Benar


Dalam beberapa kasus ketika masuk ke web emis online gagal login dan muncul keterangan NSM tidak ditemukan atau muncuk keterangan 'data login tidak valid'.

Jika terjadi hal semacam ini, coba untuk :
  1. Masuk terlebih dahulu ke situs Emis SDM di alamat emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm
  2. Lihat pada bagian Dashboard Hak Akses Operator Emis
  3. Pada kolom Identitas, pastikan yang tertulis adalah NSM lembaga yang bersangkutan.
  4. Klik Simpan
Jika sudah, silakan coba lagi untuk login ke situs Emis Madrasah.

4. Pastikan Data-data Operator Sudah Terisi


Sama seperti pada kasus ketiga, silakan buka situs Emis SDM. Pastikan semua field (kolom) yang tersedia sudah terisi dengan benar. Jika sudah, klik tombol Simpan di pojok kanan bawah.

5. Untuk Operator RA


Khusus untuk operator lembaga RA, sampai dengan tulisan ini diterbitkan, belum dapat mengakses Emis Madrasah. Dengan kata lain, aksesnya memang belum dibuka dari pusat. Sehingga saat login, pasti kan selalu gagal.

Solusinya, tunggu informasi pembukaan akses. Insaaallah Admin akan menginformasikannya melalui artikel ini ataupun melalui fans page di alamat https://www.facebook.com/ /

6. Bersihkan Cache Browser yang Digunakan


Semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan tetapi masih belum juga bisa login, ada baiknya untuk melakukan pembersihan cache browser yang digunakan.

Jika menggunakan browser Google Chrome, caranya adalah:
  1. Klik menu kontrol (gambar tiga garis bersusun) di pojok kanan atas
  2. Klik 'Alat Lainnya'
  3. Klik 'Hapus data penjelajahan'
  4. Muncul kotak dialog 'Hapus data penjelajahan'
  5. Centang pada jenis informasi (terutama 4 jenis teratas)
  6. Klik 'Hapus data penjelajahan'
  7. Jika perlu, restat (tutup lalu buka lagi) browser Anda
Sedangkan pada browser firefox, lakukan:
  1. Klik menu kontrol (gambar tiga garis bersusun) di pojok kanan atas
  2. Terbuka tab pengaturan firefox, klik 'Advanced' atau 'Canggih'
  3. Klik 'Network' atau 'Jaringan'
  4. Pada bagian 'Cached Web Conten' atau 'Konten Web Tembolok' klik 'Clear Now' atau 'Bersihkan Sekarang'
  5. Jika perlu, restat (tutup lalu buka lagi) browser Anda

Itulah beberapa tips dan solusi yang bisa dicoba bagi operator emis madrasah yang masih tidak bisa login alias gagal login ke layanan emis online. Baik muncul peringatan "Error, Data login tidak valid" ataupun "Error, NSM tidak ditemukan". Semoga solusi tidak bisalogin emis online ini bermanfaat.