Senin, 06 Januari 2020

Mobil ini sanggup akselerasi 0-100 km/jam dalam 1.92 detik...

Beberapa waktu yang lalu, dunia industri mobil listrik cukup dikejutkan dengan hasil kecepatan akselerasi mobil listrik yang ditorehkan oleh sebuah prototype mobil listrik kategori Supercar buatan Jepang bernama Aspark Owl.

Nggak tanggung-tanggung, Aspark Owl ini di klaim dan terekam dalam sebuah video unggahan yang mampu menembus akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 2 detik. Ya, kurang dari dua detik.

 dunia industri mobil listrik cukup dikejutkan dengan hasil kecepatan akselerasi mobil lis Mobil ini sanggup akselerasi 0-100 km/jam dalam 1.92 detik...

Torehan ini bahkan mengalahkan ukuran kecepatan akselerasi mobil yang di khususkan untuk balap Formula Satu (F1), yang umumnya masih berada pada angka 2.7 detik untuk menembus 0-100 km/jam .

Bahkan untuk mobil tercepat dengan bahan bakar fosil sekalipun seperti Buggati Chiron yang sanggup melesat 0-100 km/jam dalam 2.3 detik.


Pembuktian Aspark Owl


Aspark Owl terinspirasi dari seekor burung Hantu yang sanggup menyambar mangsanya secepat kilat, yang kemudian oleh sebuah pembuat mobil listrik supercar asal Jepang di implementasikan menjadi kendaraan supercar bernama Aspark Owl.

Dalam pengetesan pada sebuah lahan parkir di Kanuma, Togichi, Jepang, terlihat bahwa kecepatan mobil ini mampu menembus akselerasi 0-100 hanya dalam 1.921 detik.

Berikut video pengetesan Aspark Owl yang kami lampirkan dari sebuah laman youtube, perhatikan pada bagian terakhir dari data komputer yang ditampilkan.


Sebenarnya, Aspark Owl ini sudah pernah dipamerkan sebelumnya pada ajang pameran otomotif internasional di Frankfurt Jerman tahun 2021 lalu. Di ajang tersebut, memang telah di singgung-singgung bahwa mobil listrik ini sanggup menembus kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 2 detik.

Baca juga:


Seperti dilansir dari TopGear, Aspark Owl yang mampu menembus 0-100 km/jam dalam waktu 1.921 detik ini menggunakan sepasang motor listrik kecil, bertenaga dan ringan.

Memiliki kekuatan 40kW dan menawarkan tenaga hingga lebih dari 430 Horsepower dengan torque sebesar 563 lb ft.

Untuk sumber tenaganya, ia di supply oleh sebuah battery dengan supercapasitor yang sanggup menempuh top speed 290 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 150 km. Sedangkan untuk bodynya terbuat dari serat karbon berkualitas tinggi yang memiliki beban total sekitar 850kg.